Jumat, 23 Desember 2011

soto buatanku resep dari mama.... :)


menjadi seorang istri kurang lengkap rasanya bila tak bisa memasak...dulu sebelum nikah aku begitu khawatir apakah aku bisa memasak atau tidak...kekhawatiranku muncul karena sejak kecil aku hidup terpisah dari orang tua karena harus sekolah di kota dimana ibuku dilahirkan yaitu Yogyakarta. Aku ikut nenek dan kakekku tepatnya di kota bantul...nenekku sungguh pandai memasak begitupun ibuku..tp karena kesibukan sekolah dan sekolah lumayan jauh aku jadi jarang memasak. kemudian kuliah aku di asrama yang otomatis semua makanan sudah disediakan dan kami, anak2 asrama tinggal menyantap..aku sesekali memasak kalo pas libur dan pulang ke rumah ortuku di pemalang. bila mamaku ada waktu luang dan memasak akupun hanya ikut2an..sebetulnya banyak masakan yng mamaku buat dan hmmm yummy..ada sop tulang...soto..urap,,,dll ..nah kali ini aku ingin berbagi resep bikin soto..

BAHAN:
daging ayam,rebus
soun.cuci dd air lalu diseduh air panas lalu tiriskan
toge pendek,rebus tiriskan
4 batang daun bawang,dirajang pendek
Santan (jika suka)
Ketupat
Krupuk ,goreng
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis
Saos sambal

BAHAN SAMBAL KACANG:
250 gr kacang tanah,goreng,
2 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah
gula merah dan garam secukupnya
Semua bahan kecuali gula dan garam digoreng sebentar ,lalu haluskan campur dg kacang yg sudah dihaluskan,beri air matang untuk mengentalkan secukupnya.sisihkan.

BUMBU HALUS:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 ruas jahe
1 ruas kunyit
3 butir kemiri
1 sdt merica
Semua bumbu ini ditumis sampai harum
3 ruas lengkuas memarkan
garam dan gula merah secukupnya

CARA MEMBUAT:
Masak air sampai mendidih,masukkan kuah rebusan daging lalu masukkan daging dan bumbu halus,tambahkan lengkuas,garam dan gula,tgu sampai mendidih.
Sebelum diangkat masukkan bawang daun dan bawang goreng secukupnya.
suwir suwir daging sesuai selera sisihkan
PENYAJIAN:
Taruh dalam mangkok,irisan ketupat,soun,toge,daging,sambal kacang,daun bawang iris,bawang goreng,dan krupuk .Tambahkan kecap, saos dan kuahnya.
Sajikan hangat....


semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar